PENELITIAN TINDAKAN KELAS
JUDUL :
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM
NILAI IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODA INKUIRI
ABSTRAK
Konsep dasar “ Metoda inkuiri menggunakan model elektronik “
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan oleh Juhanda Pendidik kelas IV SDN Pataruman IV ,UPT Pendidikan Dasar Tarogong Kidul , UPTD Pendidikan Nasional Kabupaten Garut / Jabar ,meningkatkan sebagian besar nilai peseerta didik dalamPBM IPS ,yang menggunakan metoda inkuiri dengan model elektronika , berdasarkan tuntututan KTSP yang menekankan pembelajaran kelokalan yang berdasarkan pendidikan dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan kepewntingan dari daerah itu sendiri .
Bahan penelitian yaitu mata pelajaran IPS dikelas IV dengan Kompetensi Dasar “ Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat dilingkungan kabupaten ,kota dan propinsi “ menggunakan PBM metoda inkuiri model elektronik dalam upaya memotivasi peserta didik dalam meningkatka nilai hasil belajar .
Metoda inkuiri dan model elektronika merupakan strategis pembelajaran yang paling tepat bagi peserta didik dalam memahami budaya yang ada dilingkungannya ,karena dengan mendengar dan melihat langsung peserta didik dapat mengembangkan potensi sikap ilmiah ,konsep ilmiah dan pengetahuan ilmiah sebagai suatu syarat memahami budaya daerah yang menjadi soko guru budaya nasional .
Tehnik peneliti meningkatkan nilai peserta didik kelas IV SDN Pataruman IV yang menggunakan metoda inkuiri dan model elektronik menekankan akan kemampuan peserta didik berinteraksi aktif ,kreatif dan komunikatip sehingga menumbuhkan sifat demokrasi sebagai landasan saling menghormati dalam memelihara kebudayaan yang tumbuh dilingkungannya , kemampuan untuk belajar efisien dan efektif dalam belajar dapat dikuasai oleh peserta didik .
Hasil penelitian dengan metoda inkuiri dan model elektronik dapat mengembangkan kemampuan peserta didik, sehingga sebagian besar peserta didik pengtahuan ilmiahnya mencapai nilai diatas KKM .dan pengembangan konsep ilmiah peserta didik dapat terlihat dari ucapan dan perbuatan yang mengembangkan sikap toleransi dalam perbuatan , dalam pengembangan sikap ilmiah peserta didik mampu menampilkan salah satu kebudayaan yang ada didaerahnya.
PENDAHULUAN
!. Latar Belakang Masalah .
Pendidikan merupakan masalah yang senantiasa berubah disesuikan dengan perkembangan jaman sehingga semakin maju pendidikan masyarakat semakin berkembang hal ini lah yang menyebabkan adanya uji ulang dan uji petik dalam dunia pendidikan sehingga dalam rangka pendidikan yang dapat memenuhi harapan peserta didik untuk dapat menggunakan hasil pendidikannya dimasyarakat Departemen Pendidikan Nasional membuat landasan program Reformasi pendidikan nasional jilid 2 dalam mewujudkan 100 hari masa kerja mendiknas yang termuat dalam 8 program kerja yang menjadi prioritas utamanya yaitu :
1.Penyediaan internet secara missal di sekolah
2.Penguatan kemampuan kepala dan pengawas sekolah
3.Pemberian beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) untuk siswa SMA /SMK/
MA berprestasi dan kurang mampu .
4.Penyusunan kebujakan khusus bagi para guru yang bertugas didaerah terdepan
terpencil .
5.Penyusunan kebijakan dan penyempurnaan Rencana Strategis (Renstra) 2010-
2014 .
6.Pengembangan budaya dan krakter bangsa .
7.Pengembangan metodologi belajar mengajar .
8. Membuat roadmap sinergitas lembaga pendidikan (Depdiknas –depag )dengan
para pengguna lulusan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan .
Untuk menunjang 8 program tersesbut KTSP yang ada sekarang yang memuat tentang setandar isi 8 kriteria yaitu :
a. Setandar Isi
b. Standar Proses
c.Standar Kompetensi Lulusan
d. Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik Kependidikan
e. Standar Sarana dan Prasarana
f. Standar Pengelolaan
g. Standar Pembiayaan
h. Standar Penilaian Pendidikan
Menyadari dalam KTSP terdapat setandar isi yaitu bahan pengajaran harus disesuikan dengan komposisi berimbang antara materi yang bersifat nasional dengan bahan materi yang bersifat kelokan yang tujuannya untuk supaya ada keseimbangan dan kesejajaran serta mempunyai wawasan yang sama antara peserta didik di ibu kota propinsi dengan yang berada didaerah dengan penekanan tidak tercabutnya budaya dan krakter bangsa yang berada didaerah hal ini dalam mewujudkan rasa persatuan dalam kebangsaan ,dalam pelaksanan pembelajaran IPS dapat meminculkan suatu pembelajaran kelokan yang sesui dengan arah kebijakan KTSP yang menekankan pengembangan kelokan dalam standar kopetensi “Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten kota dan propinsi .
Dengan Standar kompetensi tersebut maka pengembangan metodologi belajar dapat dikembangkan dengan model dan strategis pembelajaran yang menggunakan elektronik hal ini sejalan dengan metoda pembelajaran yang menekankankan akan pengembangan diri dalam memahami akar budaya yang ada dilingkungan peserta didik sebagai bahan ajar yang menekankan kelokalan , prinsif pengembangan pembelajaran IPS disusun secara sisitimatis , komperhensif dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat sehingga mempunyai pemahaman yang lebih luas dan mendalam ,sehingga pengembangan budaya dan krakter bangsa dapat didalami dan dipahami lebih luwes dan lebih terintregrasikan dalam proses pembelajaran .
Pertimbangan kemampuan dalam pengembangan proses pengajaran untuk sebuah keberhasilan ,dipandang perlu dalam era globalisasi dengan memahami konsep dasar dari strategis pendidikan yaitu kemampuan pendidik untuk mengembangkan pembelajaran yang disesuikan dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat masa kini dan masa yang akan datang dapat terjawab dengan memahami akan metoda dan alat pembelajaran yang tepat , seperti yang digambarkan dalam Repormasi pendidikan nasional jilid 2 bawasanya sudah ada kelayakan dan kepatutan sekolah menggunakan internet sebagai nara sumber dan sebagai gerbang ilmu pengetahuan menuju globlisasi yang dapat mempercepat dayapikir kearah wawasan kelokalan , nasional dan internasional mempunyai kesejajaran dalam impormasi keilmuan yang arahnya dapat menuju kemasyarakat yang berani untuk befikir maju kedepan untuk mensejajarkan diri dengan bangsa –bangsa yang lebih dulu maju .untuk al semacam ini bagi sekolah dasar pataruman IV menyadari akan efek dan reaksi dari strategis dengan meteologi pendidikan yang harus ada kesejajaran maka SDN Pataruman IV memberi kesempatan kepada peneliti untuk melakukan suatu uji cobauntuk memperbaiki akan ketidak berhasilan anak didik dalam penguasaan pengetahuan , konsep dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPS , mengadakan perubahan model pembelajaran dari sistim manual ,ke sistim elektronik dengan pendekatan konsep tual yang di gambakan dengan metoda inkuiri yang menekankan kepada anak didik akan kemampuan pembelajaran untuk memecahkan sendiri ,mengembangkan , menggali , mengkomuniksasikan , sehingga peranan pendidik menjadi sebagai pasilitator , mediator dan yang utama adalah sebagai sumber strategis belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan memperhatikan akar permasalahan yang terjadi pada peserta didik dalam KBM , sehingga dapat dengan mudah memecahkan masalah pada waktu terjadinya PBM .
2.IDENTIFIKASI MASALAH .
Menyadari PBM IPS di kelas IV SDN Pataruman IV dengan kompetensi dasar “Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat kabupaten /kota dan propinsi “ rata –rata berada dibawah KKM untuk itu dipandang perlu melakukan penelitian penyebab dari kegagalan pembelajaran dengan penelitian tindakan kelas .
3.MASALAH DAN RENCANA PEMECAHAAN MASALAH
Masalah :
Peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas IV sebagian besar nilainya berada
dibawah KKM .
Pemecahaan
Menyadari peserta didik nilainya banyak yang di bawah KKM , maka peneliti
Menggunakan model pembelajaran elektronik yang dikenal dengan CD Room dan
metoda inkuiri adalah salah satu alternative dapat memecahkan masalah PBM IPS
dikelas IV SDN Pataruman IV
4. TUJUAN PENELITIAN DAN MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini Bertujuan :
1.Meningkatkan nilai hasil PBM IPS Kelas IV semester 1 diatas KKM dengan Kompetensi
Dasar” Menghargai keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten ,kota / propinsi “
2.Meningkatkan kompetensi pendidik dalam pemangpaatan model pembelajaran
Elektronika dalam PBM IPS di kelas IV .
Penelitian ini Bermangfaat
1.Bagi peserta didik dapat meningkatkan hasil PBM IPS diatas KKM
2.Bagi peserta didik dapat menguasai PBM dengan model elektronik dan metoda Inkuiri
3 Bagi pendidik mampu mengembangkan model pembelajaran dan metoda dengan tepat
sasaran kearah perbaikan .
5.HASIL PENELITIAN .
1.Peserta didik kelas IV mampu meningkatkan nilai IPS dalam kompetensi dasar “ Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat kabupaten ,kota dan propinsi “ diatas rata –rata KKM .
2. Pendidik mampu dan trampil dalam penggunaan model pembelajaran dengan alat elektronik dan metoda inkuiri .
BAB 11
KAJIAN PUSTAKA
- Konsep Dasar
PBM model elektronika dan metoda inkuiri merupakan suatu startegis pembelajaran dari trendy kemajun teknologi yang semakin cepat dan semakin menggelobal hal ini menyebabkan dunia pendidik terseret kekancah persoalaan dimana pendidikan harus menyesuikan dengan perkembangan jaman supaya hasil pendidikan dapat berguna dalam kehidupan bermasyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung .
PBM merupakan mesin dalam menciptakan manusia yang berguna baik bagi dirinya maupun bagi orang lain , karena PBM merupakan suatu tindakan nyata dari pendidik dalam mentransper ilmu pengetahuan baik bersipat kognitip ,afektif dan fisikomotor namun sekarang peranan pendidik sesui dengan perkembangan jaman dalam melaksanakan PBM tidak semata –merta mengunakan pembelajaran factual dengan dibantu oleh bukusumber sebagai kiblat dalm pembelajaran ,hal ini disebabkan perkembangan masyarakat yang semakin maju dilihat dari cara pengembangan diri sudah menggunakan hasil teknologi yang berdampak besar kepada kemajuan teknik PBM dalam penyampaian suatu materi bahan ajar harus juga memangfaatkan hasil teknologi, seperti elektronik sebagai media belajar sehingga peranan pendidik menjadi sebagai pasilitator ,komunikator , dinamisator dan evaluasitor yang mampu menjadi sari teladan dan menjembatani teknik menyerap ilmu pengetahuan melalui elektronik.
PBM yang menggunakan strategis pembelajaran model elektronik dan metoda inkuiri dapat menggiring peserta didik untuk memangpaatkan kesempurnaan kecerdasannya untuk menggali daya nalar peserta didik yang berupa daya ingat, daya tangkap ,daya fakir yang dalam implementasinya berupa kemampuan mengendalikan diri, punya motivasi , ketekunan , semangat , berpetualang ,menemukan hal-hal baru , punya keyakinan , fisikal dan verbal yang pada akhirnya kecerdasan sempurna ini , menggiring kearah penggalian potensi peserta didik yang aktif , kreatip ,dan trampil sehingga menjadi manusia yang bisa berkompetisi dimasyarakat yang majemuk dan berhasil , sehingga tidak menjadi manusia pecundang dan menjadi beban social masyarakat modern .
A . Konsep Kajian Kepustakaan.
PBM yang menggunakan model elektronik dengan metoda inkuiri dapat dipakai dalam penelitian tindakan kelas karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
pada suatu kompetensi dasar dan meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran yang bersifat berkesinambungan ,terprogam ,teukur efesien ,efektif , sehingga hasil penelitian tindakan kelas ini menjadi pengalaman berharga bagi peserta didik dan pendidik sehingga kebiasaan meneliti merupakan suatu kebutuhan yang diprogramkan dengan langkah –langkah pengidentifikasian masalah dengan perencanaan tindakan pemecahan dari hasil observasi untuk direfleksikan sebagai bahan ajar yang berkesinambungan .
PBM yang menggunakan model elektronik dan metoda inkuiri mengembangkan materi dengan memahami rambu –rambu pembelajaran yang layak bagi peserta didik dan pendidik memahami karakteristik ,jenis –jenis ,serta oprasi target yang harus dicapai ,dengan gaya dan strategis serta media dan sumber sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran . dengan memahami permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dalam kesulitan mencapai tujuan pembelajaran .
Apakah implikasinya terhadap peserta didik .
1. Dapat meningkatkan motivasi belajar .
2.Dapat meningkatkan aktif, kreatif ,interaktif menyenangkan .
3.Dapat menimbulkan dinamika demokrasi dalam pengembangan humaniora .
4.Dapat melakukan eksferimen .
5.Dapat menyerap pengetahuan yang disampaikan dengan elektronik.
6.Mempunyai kompetensi memecahkan masalah .
7.Mempunyai kompetensi strategis ktrampilan belajar .
8.Mempunyai kompetensi berfikir inovatif ,kreatif ,
9.Mempunyai kompetensi positif terhadap dirinya dan lingkungannya .
10Mempunyai kompetensi disiplin jujur ,hati-hati , teliti fleksibel .
11.mempunyai kompetensi intregritas mandiri tanfa pengawasan .
Apakah implikasinya terhadap pendidik
1. Mempunyai jati diri “Ing Madya Mangun Karsa ,Ing Ngarso sing tulodo ,Tut wuri
handayani “
2 Fungsi fendidik sebagai sumber belajar tergantikan dengan sumber buku dan CD
yang relefan dengan KTSP .
1. Memahami peserta didik bukan depestor yang kosong yang dapat di isi tanfa program yang jelas tetapi merupakan depestor yang harus di isi dengan program yang sistimatis dan kontektual serta gredibel serta dengan kemampuan propesional .
2. kompetensi propesional mengembangkan situasi belajar yangmenyenangkan dan mengembangkan sifat demokrasi untuk menanamkan krakter humanioa pada peserta didik .
Apakah implikasinya terhadap sekolah
1.Berani mengembangkan sifat tranfaransi dan aktualisasi .
2.Berani mengembangkan media pembelajaran yang menggunakan teknologi maju .
3.Berani Mengembangkan pendidikan kelokalan ,nasionalan ,globalisasian .
4.Berani membuka katup Demokrasi sebagai alat pengembangan jati diri bangsa .
5.Berani mengembangkan sifat kefropesionalan suatu lembaga pendidikan .
6.Berani mengembangkan pendidikan dari luar frofesi sebagai propesional eahlian .
METEOLOGI PENELITIAN
A. Lokasi Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada sekolah SDN Pataruman IV Jalan Cimanuk Blk No 37, Kp Pedes Desa Pataruman Kec. Tarogong Kidul .Kab. Garut Jawa Barat ,Indonesia . Penelitian dipilih kelas IV SDN Pataruman IV sebab merupakan sekolah imbas yang potensi pembelajaran katagori standar nasional , sehingga bila dilaksanakan dengan model pembelajaran elektronik akan menjadi suatu daya tarik inovasi belajar, selain itu pelaksanaan penelitian kelas dilaksanakan disanah ada keefesienan waktu tidak mengganggu pekerjaan, bahkan menjadi hal terbaik dapat melaksanakan program pengajaran pada kelas IV diuntungkan dipakai sebagai tempat melakukan penelitian .
B. Obyek Penelitian
Sekolah : SDN Pataruman IV
Kelas : Kelas IV
Semester : Ke 1 ( satu )
Waktu : 3x 35 menit
Tanggal : 22 Oktoner 2010
Kompetensi Dasar : 1.4.Menghargai berbagai peninggalan sejarah dilingkungan
setempat kabupaten kota /propinsi dan menjaga kelestariannya .
Indikator : Memahami jenis –jenis kebudayaan yang ada dilingkungan
kabupaten / kota propinsi .
Hasil Belajar : Meningkatkan nilai peserta didik diatas KKM
KKM : Setandar nilai minimal yang harus dilwati 68
C. Obyek Tindakan
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan peserta didik dalam pelajaran IPS di kelas IV SDN Pataruman IV dengan menggunakan tahapan penelitian sebagai berikut :
1.Inti Pelaksanaan Penelitian
Penelitian dilaksanakan diruang kelas IV SDN Pataruman IV , yang sedang melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar (PBM ).
2. Pelaksanaan Penelitian KBM
a. Menentukan materi pokok .
b. Menentukan sumber belajar
c. Pengadministrasian rencana pelaksanaan pembelajaran.
d. Pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar .
e. Permasalahan yang timbul .
f. Penilaian hasil belajar .
g. Pengayaan dan pendalaman
h. Pos test dari ahkir pembelajaran .
3. Pengembangan RPP
1. Standar Kompetensi
2. Kompetensi Dasar
3. Indikator
4. Tujuan Pembelajaran
5. Materi Pembelajaran
6. Metoda Pembelajaran
7. Model Pembelajaran
8. Kegiatan Pembelajaran
9. Sumber Belajar .
10. Evaluasi
11. Penilaian Hasil Belajar.
12. Analisis
Setelah komponen pendukung terlaksananya PBM lengkap ,maka pendidik melakukan PBM dengan menyesuikan dengan tepat langkah-langkah pembelajaran dengan memperhatikan rambu –rambu tehnik penelitian, dimulai dari awal pembelajaran sampai ahir pembelajaran, dengan cermat meperhatikan perkembangan peserta didik dalam menyimak ,mengisi LKS , berinteraktif , komunikatip , kreatif dan kondusip dalam pembelajaran .
D. Metoda Pengumpulan Data
Data yang dikumpulkan melalui catatan monitoring sampai dengan PBM selesai
dengan mengorganisir yang relevan dengan tujuan penelitian seperti :
a.Persiapan Pembelajaran :
1. Program Tahunan
2. Program Semester
3. Analis SKBM / KKM
4. Silabus dan Sistim Penilaian
5. RPP
6. Penilaian Penilaian Hasil Belajar.
7. Analisis Hasil Belajar.
8. Program Tindak Lanjut .
9. Program Bingbingan & Penyuluhan
10. Media Pembelajaran..
b. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal 1. Pengkondisian Kelas
2. Apersepsi / Motivasi
3. Penyampaian SK/ KD
4. Penyampaian Sistim Penilaian
Kegiatan Inti Pendidik 1.Fropesionalisme pasilitator ,komunikator ,moderator .
2.Fropesionalisme berbahasa, ekfresi , demokratis
3.Fropesionalisme model , metoda , media .
4.Fropesionalisme RPP dan Promes ,KKM , analisis .
5.Fropesionalisme lintas bidang studi .
6.Fropesionalisme penggunaan alat dan bahan
Kegiatan inti peserta didik 1.Kemampuan Beraktivitas bahasa , ekpresi , komunikatif ,
demokratis .
2.Kemampuan beraktifitas , inisiatip bertanya ,berdiskusi
,menggali impormasi , membangun wawasan ,percaya diri ,
3. Kemampuan mengisi LKS dan evaluasi akhir .
4. terciptanya situasi yang aktif ,kreatip dan menyenangkan .
Kegiatan ahkir pembelajaran 1. Pendidik menilai hasil LKS dan hasil evaluasi bersama
- sama dengan peserta didik .
c. Lembar hasil observasi berupa : 1.Temuan pada pendidik dilingkungan sekolah .
2.Temuan pada KBM yaitu :
a. Pada peserta didik
b.Pada tenaga pendidik
c. Pada sarana dan prasarana pembelajaran
E. Metoda Analisis Data
Data dari mengidentifikasi berbagai masalah dengan menggunakan sistim tabel dimulai dengan proses penelitian peserta didik sampai dengan pendidik disajikan secara akurat seperti dibawah ini :
Angket peserta didik kelas IV SDN Pataruman IV
No | Angket peserta didik kelas IV dari 33 Orang | Senang / Dapat | Tidak |
1. | Apakah kalian senang belajar dengan menggunakan menggunakan elektronik . | 33 | |
2. | Apakah kalian senang belajar dengan menggunakan CD sebagai sumber belajar | 33 | |
3. | Apakah kalian senang belajar menggunakan net scool . | 33 | |
4. | Apakah kalian dapat mengerti dari isi tayangan CD . | 33 | |
5 | Apakah kalian dapat mengisi lembar soal dengan jawabannya pada tayangan CD | 31 | 2 |
6 | Apakah kalian dapat memperagakan kembali apa yang ada dalam tayangan CD | 30 | 3 |
7 | Apakah kalian mengerti bahasa yang di pakai dalam tayangan CD | 33 | |
8 | Apakah kalian bisa mencari sumber belajar dari net scool | 24 | 9 |
9 | Tahukah kalian tentang internet | 23 | 10 |
10. | Tahukah kalian tentang pembelajaran virtual haetec | 33 | |
Presentase penguasan PBM pada peserta didik = 273 / 330 x 100 % = 82 % Presentase tidak menguasai PBM pada peserta didik = 57 / 330 x 100% = 18 % | 273 | 57 |
Hasil Nilai IPS SDN Pataruman IV dalam PTK
Kelas /Smt : IV / 1
KD : Menghargai keragamaan suku bangsa dan budaya lingkungan
kabupaten kota dan propinsi setempat
Tanggal : 22 Oktober 2009
N o | NAMA | NILAI | ||
Sikap Ilmiah | Pengetahuan Ilmiah | Keterampilan Ilmiah | ||
01 | ANISA | 73 | 69 | 72 |
02 | ARI | 82 | 73 | 71 |
03 | AMELNIDA | 81 | 74 | 71 |
04 | AGUNG | 82 | 81 | 73 |
05 | ALBI | 83 | 76 | 73 |
06 | AAS | 76 | 78 | 74 |
07 | ANWAR | 81 | 84 | 75 |
08 | AGNI | 83 | 75 | 76 |
09 | BIMA | 74 | 73 | 77 |
10 | DEA | 71 | 71 | 76 |
11 | 81 | 87 | 77 | |
12 | FERI | 87 | 73 | 72 |
13 | FADILAH | 85 | 74 | 76 |
14 | IRA | 83 | 75 | 83 |
15 | ISLAH | 87 | 74 | 81 |
16 | IKSAN | 73 | 75 | 74 |
17 | NINA | 86 | 81 | 83 |
18 | NOVIA | 84 | 83 | 84 |
19 | NABILA | 76 | 84 | 85 |
20 | NIRUL | 73 | 85 | 74 |
21 | MALINA | 76 | 87 | 86 |
22 | RIVA | 87 | 73 | 75 |
23 | RESA | 82 | 74 | 84 |
24 | RASID | 81 | 83 | 71 |
25 | RIAN | 85 | 86 | 76 |
26 | RENDI | 74 | 73 | 75 |
27 | SADAM | 72 | 84 | 76 |
28 | SANDI | 82 | 75 | 73 |
29 | TEGAR | 87 | 74 | 78 |
30 | ULFAH | 85 | 71 | 86 |
31 | IIS | 87 | 72 | 72 |
32 | SITI | 76 | 75 | 71 |
33 | ||||
Jumlah Komulatif | 71 | 70 | 73 | |
Persentasi Nilai | 71 % | 70% | 73% |
Hasil evaluasi ahkir dari PBM yang dilaksanakan dari penelitian kelas .
BAB IV
A. LANGKAH SETTING PENELITIAN
Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan tempat di SDN Pataruman IV Kecamatan Tarogong Kidul Kelas IV dalam pembelajaran IPS pada Kompetensi Dasar “ Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat kabupaten ,kota / propinsi “ .
1. Perencanaan dilaksanakan dengan mempersiapkan SK , KD ,model pembelajaran dan
metoda pembelajaran .
2. Tindakan penelitian meliputi seluruh asfek kegiatan proses pembelajaran dengan
model elektronik dan metoda inkuiri .
3. Observasi dilaksanakan mulai dari aktivitas peserta didik dan tenaga kependidikan
,mulai dari penyajian bahan ajar sampai dengan penilaian produk pembelajaran.
4. Repleksi melakukan analisis produk pembelajaran sebagai bahan kajian melakukan
pengayaan pada siklus selanjutnya .
Pelaksanaan penelitian kelas di kelas IV SDN Pataruman IV dilaksanakan baik hasilnya dilihat dari hasil LKS dan Evaluasi Ahir .
B.PENJELASAN SIKLUS
Refleksi
Pendidik melakukan aversefsi dengan menjelaskan pelajaran yang akan dilaksanakan berdasarkan pelajaran terdahulu untuk menggiring pada pembelajaran yang harus dicapai dalam pembelajaran IPS dengan kompetensi dasar dan indikator yang telah ditentukan dalam sebuah tujuan pembelajaran .
Perencanaan
Pendidik merencanakan suatu pola strategis menggunakan model pembelajaran elektronik dan metoda inkuri model LKS dengan jawabannya melihat dari tayangan CD Garut bangkit dan garut co,id .
Observasi melakukan penelitian tentang kreatifitas peserta didik dalam PBM dengan melihat aktif , kreatif ,inovatif , kondusip , komunikatif dan demokratis ,sehingga PBM dapat dilaksanakan dengan sempurna menjadikan tujuan untuk meningkatkan nilai peserta didik dapat terlaksana dengan baik .
Masalah
Peserta didik kelas IV SDN Pataruman IV dalam pembelajaran IPS dalam kompetensi dasar
“1.4.Menghargai berbagai suku bangsa dan budaya dilingkungan kabupaten ,kota dan propinsi .” sebagian besar berada dibawah rata-rata KKM .
Pemecahaan Masalah
Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis –jenis kebudayaan yang berada di lingkungan propinsi jawa barat , dengan memperhatikan tayangan CD yang ditayangkan melalui media elektronik dan nent scool dengan aktif dan kreatif mengkomunikasikan dengan pendidik dalam pengisian LKS .
Peserta didik memahami jenis –jenis kebudayaan yang ada dilingkungan daerah propinsi jawa barat , dengan melihat tayangan kebudayaan jawabarat melalui CD dan internet dengan kreatif mengkomunikasikan kepada pendidik pembenaran dan penjelasan yang dianggap kurang dipahami untuk pengisian LKS .
Peserta didik menjelaskan secara rinci dan tepat jenis –jenis kebudayaan daerah dilingkungan propinsi jawabarat ,dengan memperhatikan tayangan CD tentang kebudayaan propinsi jawa barat ,untuk dikomunikasikan dengan pendidik bersifat inovatif dan kreatif untuk pengisian LKS .
Peserta didik mendemonstrasikan kemampuan menyerap seni budaya dari CD dengan mengembangkan sikap demokratis untuk menjungjung nilai kebudayaan daerah sebagai akar budaya nasional dengan mengkomunikasikan dan arahan dari pendidik , mebentuk jiwa sling menghormati dan mengembangkan sikap humaniora pendidikan .
Peserta didik setelah mampu mengidentifikasi dan memahami serta menjelaskan untuk mendemontrasikan kemampuan seni budaya daerah melaksanakan evaluasi ahkir yang dipandu oleh pendidik .
Refleksi setelah pembelajaran kompetensi dasar dianggap berhasil maka pendidik melaksanakan pembelajaran lanjutan ke kompetensi dasar yang baru .
C . PENGOLAHAN SIKLUS
Hasil penelitian menunjukan adanya kemampuan yang dimiliki peserta didik kelas IV dalam pelajaran IPS sebagian besar meningkat diatas rata –rata KKM .
TABEL REKAPITULASI KRATER PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK
No | Oprasi Target | Pencapaian Target | Presentasi |
01 | Aktip,kreatif | 23/32 x 100 % | 74 % |
02 | Fasif , aktif | 9/32 x 100 % | 28 % |
03 | Interaktip ,komunikatip | 24/32 X 100% | 77% |
04 | Nilai terbaik | 1/32 x 100% | 1% |
05 | Nilai amat baik | 8/32 x 100% | 25% |
06 | Nilai baik | 23/ 32 x 100% | 74 % |
07 | Konsep Ilmiah | 224/ 933 x 100% | 73% |
08 | Sikap Ilmiah | 163/ 933 x 100% | 71% |
09 | Pengetahuan Ilmiah | 141 / 933 x 100% | 70% |
10 | Nilai rata –ata kelas | 179/933x100% | 71 % |
11 | Pencapaian KKM/ KD | Taget 68 | 71% |
12 | 100% | 71 % |
Hasil penelitian dengan mengadakan suvervisi dan PBM menghasilkan prestasi meningkat diatas KKM .
BAB V
SIMPULAN dan SARAN
SIMPULAN
Dari hasil penelitian tindakan kelas untuk kelas IV SDN Pataruman IV mata pelajaran IPS ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan elektronik dan metoda inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan .
SARAN
Dengan melihat keberhasilan dalam penelitian kelas untuk kelas IV mata pelajaran IPS dapat disimpulkan bawa model elektronik dan metoda inkuiri dapat dilaksanakan dalam kompetensi dasar “ memahami suku bangsa dan budaya kabupaten kota dan propinsi “